Selasa, 29 Oktober 2013

Lumbosacral

 Anatomi Vertebra Secara Umum
                Kolumna vertebralis adalah sebuah struktur tulang yang lentur dibentuk oleh tulang yang disebut vertebra dan diantara tiap dua ruas tulang belakang terdapat bantalan tulang rawan. Tulang tersebut dikelompokkan dan dinamai sesuai dengan daerah yang ditempatinya, yaitu terdiri atas tujuh vertebra servikalis, dua belas vertebra thorakalis, lima vertebra lumbalis, lima vertebra sakralis dan empat vertebra koksigis (Bontrager, 2001). Jadi kolumna vertebralis dibentuk oleh 33 segmen yang masing-masing mempunyai bentuk anatomi dasar yang sama, akan tetapi mempunyai madifikasi ciri-ciri regional yang khas sesuai dengan fungsi-fungsi khusus dari masing-masing bagian (Bajpai, 1991). 
Columna vertebra secara umum mempunyai 3 (tiga) bagian utama yaitu :
a. Korpus Vertebra
Merupakan tulang berbentuk silinder yang terletak disebelah anterior, permukaan superior dan inferior merupakan bidang yang datar serta kasar. Korpus berfungsi untuk menahan dan menyalurkan penyebaran berat badan (Bajpai, 1991).
b. Arkus Neuralis (Arcus Vertebralis)
Dibentuk oleh sepanjang pedikel-pedikel yang menjorok dari bagian posterolateral bagian atas korpus dan menonjol dibagian posterior. Sepasang lamina menjorok dari ujung posterior ke pedikel-pedikel, berjalan kesebelah posterior dan bertemu di garis tengah untuk menyempurnakan terbentuknya arkus neuralis (Bajpai, 1991).
c. Prosesus-Prosesus
Arkus vertebra mempunyai tujuh prosesus yaitu satu prosesus spinosus, dua prosesus tranversus dan empat prosesus artikularis (Snell, 1997). Prosesus spinosus menonjol ke posterior dari pertemuan dua lamina, prosesus tranversus menonjol lateral dari titik pertemuan lamina dan pedikulus. Kedua jenis prosesus ini berfungsi sebagai pengungkit dan menjadi perlekatan otot dan ligamentum. Prosesus artikularis tersusun vertikal dan terdiri dari dua prosesus superior dan dua prosesus inferior. Menonjol dari perbatasan lamina, pedikulus dan fasies artikularis ditutupi tulang rawan hialin. Prosesus artikularis superior dan satu arkus vertebra berartikulasi dengan prosesus artikularis inferior dari arkus vertebra diatasnya dan membentuk artikularis synovialis (Snell, !997).
Ciri-ciri umum dari berbagai jenis vertebra dapat dilihat pada gambar dibawah ini :




Gambar 2. Gambar ciri-ciri umum jenis vertebra (Bajpai, 1991)
 
 





Kolumna Vertebra Lumbalis
Vertebra lumbalis atau ruas tulang pinggang adalah yang terbesar, badannya lebih besar dari pada vertebra lainnya dan berbentuk seperti ginjal. Prosesus spinosusnya lebar dan berbentuk seperti tapak kecil, prosesus tranversusnya panjang dan langsing. Ruas ke lima membentuk sendi dengan sakrum pada sendi lumbo sakral (Pearce, 1999). Vertebra lumbalis diketahui dari tidak terdapatnya foramen tranversarium serta tidak terdapatnya fasies kostalis dan juga lebih besar dibandingkan vertebra servikalis dan vertebra thorakalis. Korpusnya lebar dan padat serta berbentuk bulat telur dengan diameter lateral lebih panjang dari diameter posteriornya. Tinggi vertikal korpusnya lebih besar disebelah anterior daripada posteriornya, terutama vertebra lumbalis ke lima. Faktor ini juga bertanggung jawab untuk terjadinya kecembungan kesebelah anterior di daerah ini di samping bentuk diskus intervertebralisnya. Korpus sedikit mengecil di bagian tengah (Bajpai, 1991).
Gambaran dari vertebra lumbalis dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Gambar 5. Vertebra Lumbalis dilihat dari (a) Superior (b) Lateral,
(Bontrager, 2001)


Fisiologis
Kolumna vertebralis berfungsi sebagai pendukung badan yang kokoh dan sekaligus bekerja sebagai penyangga dan perantaraan tulang rawan cakram intervertebralis yang lengkungnya memberi fleksibilitas yang memungkinkan membungkuk tanpa patah. Kolumna vertebralis memikul berat badan, menyediakan permukaan untuk kaitan otot dan memberikan kaitan pada iga-iga, cakramnya berfungsi untuk menyerap goncangan yang terjadi bila menggerakkan badan seperti waktu berlari dan meloncat sehingga sumsum tulang belakang terlindung dari goncangan (Pearce, 1999).
Kolumna vertebralis sebagai pilar utama yang berfungsi untuk melindungi medula spinalis dan menunjang berat badan serta batang badan, yang diteruskan ke tulang-tulang paha dari tingkat bawah(Snell, 1997). Selain itu juga berfungsi untuk menghasilkan gerakan-gerakan serta menjadi tempat untuk melekatnya otot-otot (Bajpai, 1991).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda