Jumat, 08 November 2013

Anatomi Coccyx

Rangka manusia dewasa tersusun dari tulang-tulang (sekitar 206 tulang) yang membentuk suatu kerangka tubuh yang kokoh. Walaupun rangka terutama tersusun dari tulang, rangka di sebagian tempat dilengkapi dengan kartilago. Rangka digolongkan menjadi rangka aksial, rangka apendikular dan persendian antar tulang. Rangka aksial terdiri dari 80 tulang yang membentuk aksis panjang tubuh, yaitu kolumna vertebra atau tulang belakang, tengkorak, dan kerangka toraks atau rangka iga (Sloane, 2004).
Kolumna vertebral adalah pilar tulang tengah tubuh yang mendukung tengkorak, pectoral girdle, tungkai atas, rongga dada dan pada pelvic girdle, serta mentransmisikan berat badan pada tungkai bawah. Dalam rongga vertebra yang terdapat sumsum tulang belakang, akar saraf tulang belakang, dan meninges. Kolumna vertebral memberikan perlindungan besar (Snell, 2012).





                                       Gambar 2.1. Vertebrae (Snell, 2012)

Keterangan gambar :
A.      Cervical curve
B.      Thoracic curve
C.      Lumbar curve
D.     Sacral curve
1.      Atlas
2.      Axis
3.      Cervical vertebrae (7)
4.      Thoracic vertebrae (12)
5.      Lumbar vertebrae (5)
6.      Sacral vertebrae (5)
7.      Coccygeal vertebrae (4)

Kolumna ini terdiri dari vertebra-vertebra yang dipisahkan diskus fibrokartilago intervertebral. Ada 7 tulang vertebra serviks, 12 vertebra toraks, 5 vertebra lumbal, 5 tulang vertebra sakrum yang menyatu menjadi sakrum dan tiga sampai lima tulang yang menyatu menjadi tulang coccyx. Ke-31 pasang saraf spinal keluar melalui foramen intervertebralis di antara vertebra yang letaknya bersebelahan (Sloane, 2004).
Menurut Richard S. Snell (2012), meskipun vertebra menunjukkan perbedaan bagian, vertebra memiliki pola umum. Sebuah ruas khas terdiri dari anterior tubuh bulat dan sebuah lengkungan vertebral posterior. Lengkungan vertebral terdiri dari sepasang pedikel silinder, yang membentuk sisi lengkungan, dan sepasang lamina rata, yang melengkapi lengkungan posterior. Lengkungan tulang belakang menimbulkan prosessus : satu spinosus, dua transversus, dan empat artikular.
Prosessus spinosus pada tulang belakang, diarahkan posterior dari persimpangan dua lamina. Prosessus transversus diarahkan lateral dari persimpangan lamina dan pedikel. Prosessus spinosus dan transversus berfungsi sebagai pengungkit dan menerima lampiran otot dan ligamen. Prosessus articular secara vertikal diatur dan terdiri dari dua prosessus rendah superior dan dua sendi synovial (Snell, 2012).
Bagian yang paling distal dari tulang belakang adalah coccyx (coccyx). Ini bagian dari ruas tulang belakang pada manusia, sehingga masih ada sedikit kemiripan dengan vertebra (Bontrager, 2010).

 Keterangan gambar :
1.   Transverse process
2.   Base
3.   Formerly four separate
segments
4.   Apex


                                              Gambar 2.2. Kenampakkan anterior coccyx (Bontrager, 2010)

Anatomi coccyx sangat bervariasi (jumlah segmen, sudut kemiringan, dll) (Clark, 2005). Menurut Ethel Sloane (2004), coccyx menyatu dan berartikulasi dengan ujung sakrum, yang kemudian membentuk sendi dengan sedikit pergerakan. Pergerakan ini penting selama melahirkan untuk membentuk jalur keluar kepala janin.
Coccyx terdiri dari empat vertebra menyatu bersama untuk membentuk tulang, satu segitiga kecil yang bersendi dengan ujung bawah sakrum adalah basisnya. Ruas pertama coccyx biasanya tidak menyatu atau tidak lengkap menyatu dengan ruas kedua (Snell, 2012).
Segmen superior coccyx adalah yang terbesar dari empat bagian dan bahkan memiliki dua prosessus transversus kecil. Ujung runcing distal coccyx disebut puncak atau apex, sedangkan bagian superior disebut basic. Coccyx lateral jauh lebih kecil dibandingkan dengan sakrum lateral yang digambarkan seperti tulang padat yang besar (Bontrager, 2010).
  

Gambar 2.3. Kenampakkan lateral sacrum dan coccyx
(Bontrager, 2010)

Keterangan gambar :


1.     Superior articular processes
2.     Median sacral crest
3.     Sacral horn (cornu)
4.     Horn (cornu) of coccyx
            5.     Coccyx
            6.     Articular surface (sacroiliac joint)
            7.     Sacral promontory
            8.     Base (body)
            9.     Sacral canal

Pada pria, kelengkungan coccyx lebih menonjol dibandingkan wanita. Coccyx melengkung ke dalam jalan lahir pada wanita, jika melengkung berlebihan dapat menghambat proses kelahiran. Cedera paling umum yang terkait dengan coccyx dari pukulan langsung ke tulang punggung lebih rendah dibandingkan ketika seseorang berada dalam posisi duduk (Bontrager, 2010).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda